Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop

Hal yang paling ditakutkan oleh orang-orang yang menggunakan laptop maupun komputer untuk bekerja adalah kehilangan data yang disimpan di dalam hard disk laptop maupun komputernya.

Masalah hilangnya data yang tersimpan di dalam hard disk laptop maupun komputer itu ada banyak sekali penyebabnya. Ada yang disebabkan karena kelalaian dari pengguna sendiri yang menghapus data pentingnya secara tidak sengaja, dan ada pula yang karena masalah kerusakan sistem operasi yang digunakan di dalam laptop maupun komputer.

Lalu apakah sudah tidak ada solusi untuk mengembalikan data atau file penting yang terhapus dari hard disk laptop? File atau data penting yang terhapus atau hilang di laptop sebenarnya masih bisa dikembalikan. Bagi anda yang ingin mengetahui bagaimana cara mengembalikan file yang terhapus di laptop secara mudah dan tentunya gratis, anda bisa baca penjelasannya lebih lanjut di artikel ini.

2 Cara Mudah dan Gratis Untuk Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop

Mengembalikan file atau data penting yang terhapus di laptop itu tidak selalu harus menggunakan cara yang rumit dan mahal. Semua itu tergantung dari besarnya ukuran data dan juga seberapa penting data tersebut.

Namun bukan berarti anda harus mengeluarkan dana yang cukup besar setiap kali ingin mengembalikan file atau data yang secara tidak sengaja terhapus di laptop. Ada banyak cara yang bisa anda gunakan secara gratis dan mudah untuk mengembalikan file yang terhapus di laptop. Berikut ini adalah 2 cara paling mudah dan gratis yang bisa membantu mengembalikan file anda yang terhapus dari laptop:

  1. Menggunakan Aplikasi PC Inspector File Recovery

Cara pertama mengembalikan data atau file yang terhapus di laptop adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi khusus yang bernama PC Inspector File Recovery. Anda bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis.

Untuk mengembalikan file atau data yang terhapus menggunakan aplikasi PC Inspector File Recovery, pertama-tama anda wajib mengunduh dan memasang aplikasi tersebut di laptop atau komputer yang ingin anda pulihkan datanya.

Setelah terpasang, masuk kedalam aplikasi tersebut. Di dalam aplikasi tersebut terdapat beberapa macam pilihan seperti recover deleted file, find deleted files, dan find lost drive. Pilih menu find deleted files.

Aplikasi tersebut akan memproses permintaan anda untuk menemukan beberapa macam file atau data yang selama ini sudah anda hapus.

Setelah proses selesai, anda bisa melihat beberapa data yang selama ini sudah dihapus dari laptop atau komputer anda. Temukan data yang ingin anda kembalikan dari deretan data yang sudah terhapus tersebut.

Jika sudah anda temukan, selanjutnya anda hanya perlu mencentang file atau data tersebut dan lanjutkan pada proses recovery deleted files.

Perlu diketahui bahwa lama proses pencarian dan juga proses recovery data yang sudah terhapus ini dipengaruhi dari banyaknya file yang selama ini sudah anda hapus dan juga besarnya ukuran file yang anda recovery.

  1. Menggunakan Aplikasi EaseUS Data Recovery Wizard

Proses mengembalikan data atau file yang terhapus di laptop tidak selalu berjalan lancar. Terkadang ada beberapa data yang tidak bisa ditemukan atau tidak bisa dikembalikan menggunakan satu aplikasi khusus.

Oleh sebab itu, jika anda sudah mencoba menggunakan aplikasi PC Inspector File Recovery namun belum menemukan atau tidak bisa mengembalikan file yang terhapus secara sempurna, anda bisa mencoba menggunakan aplikasi EaseUS Data Recovery Wizard.

Aplikasi kedua ini sebenarnya sama fungsinya dan juga bisa digunakan secara gratis. Namun proses pencarian dan pengembalian EaseUS Data Recovery Wizard dan PC Inspector File Recovery menggunakan algoritma yang berbeda.

Oleh sebab itu, ada kemungkinan data yang tidak bisa dikembalikan menggunakan PC Inspector File Recovery masih bisa dikembalikan dengan menggunakan aplikasi kedua ini dan begitupun sebaliknya.

Baca Juga :  Cara Mudah Memindahkan Aplikasi Android Ke Memori Eksternal SD Card

Proses pengembalian data yang terhapus di laptop menggunakan aplikasi EaseUS Data Recovery Wizard ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan PC Inspector File Recovery. Anda harus mencari terlebih dahulu deretan data yang selama ini sudah pernah anda hapus, kemudian lakukan pengembalian data dari deretan data yang sudah pernah anda hapus tersebut.

Bagaimana? Cukup mudah bukan sebenarnya mengembalikan data atau file yang terhapus di laptop itu? Jadi sekarang tidak perlu panik lagi ya jika data atau file penting anda secara tidak sengaja terhapus.

Leave a Replay

comments

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop | nofalanta | 4.5