Cara Mudah Memindahkan Aplikasi Android Ke Memori Eksternal SD Card

Smartphone android memang memiliki lebih banyak kelebihan dibandingkan dengan smartphone OS lain. Namun demikian, smartphone android juga masih memiliki beberapa kekurangan. Salah satu kekurangan utama dari smartphone android yang seringkali dirasakan oleh pengguna adalah terbatasnya kapasitas memori internal. Ya, memang ada smartphone android yang dibekali dengan memori internal berkapasitas besar, namun smartphone tersebut dijual dengan harga yang cukup mahal. Cara memindahkan aplikasi ke memori eksternal Padahal mayoritas masyarakat Indonesia menggunakan smartphone android kelas low hingga mid end saja yang notabene hanya dibekali dengan memori internal berkapasitas rendah. Bagi anda yang juga mengalami masalah keterbatasan kapasitas memori internal pada smartphone android anda, jangan khawatir. Anda bisa memindahkan aplikasi kedalam memori eksternal (SD Card). Memindahkan aplikasi ke memori eksternal jelas akan sangat membantu meningkatkan kinerja dari smartphone android anda. Jika anda belum mengetahui bagaimana cara memindahkan aplikasi ke SD card, anda bisa membaca penjelasannya lebih lanjut di artikel ini.

Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card Langsung Tanpa Proses Root

Ya, cara memindahkan aplikasi ke SD card memang ada 2. Cara pertama tidak membutuhkan proses root dan cara kedua membutuhkan proses root. Berikut ini adalah cara memindahkan aplikasi ke SD card tanpa proses root:

  • Masuk ke bagian pengaturan smartphone (bukan setting Google).
  • Pilih opsi aplikasi atau apps di dalam pengaturan.
  • Pilih opsi aplikasi yang tersimpan di dalam memori internal.
  • Buka aplikasi yang mau anda pindah ke SD card.
  • Cari dan pilih opsi move to SD card atau pindahkan ke SD card.
  • Tunggu hingga proses pemindahan aplikasi sampai selesai.

Cara memindahkan aplikasi ke SD card tanpa menggunakan proses root ini memang jauh lebih mudah dibandingkan dengan cara yang menggunakan proses root. Selain itu, cara pertama untuk memindahkan aplikasi ke SD card ini juga memiliki beberapa macam kelebihan seperti:

  • Bisa anda lakukan sekarang juga karena tidak membutuhkan proses root sama sekali.
  • Tidak berisiko membuat smartphone anda terjangkit virus akibat proses root.

Namun meskipun tampak memiliki banyak kelebihan, sebenarnya cara pertama ini juga memiliki beberapa kekurangan seperti:

  • Terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memindahkan satu aplikasi dari memori internal ke memori eksternal, terutama jika file aplikasi cukup besar.
  • Tidak semua jenis aplikasi bisa dipindahkan ke memori eksternal dengan menggunakan cara ini.

Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card Menggunakan Proses Root

Jika anda memang ingin membersihkan memori internal smartphone android dari aplikasi-aplikasi tambahan yang sudah anda install, memang sebaiknya anda melakukan proses root terlebih dahulu. Kenapa? Karena memindahkan aplikasi ke SD card dengan melakukan proses root benar-benar dapat memindahkan semua jenis aplikasi dari memori internal ke memori eksternal. Bagi anda yang sudah melakukan proses root pada smartphone android dan ingin memindahkan aplikasi ke memori eksternal, anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Unduh dan pasang aplikasi untuk memindahkan aplikasi dari memori internal ke memori eksternal. Ada banyak sekali aplikasi yang bisa membantu proses ini, salah satu aplikasi yang bisa anda gunakan adalah link2sd.
  • Setelah aplikasi terpasang di smartphone android anda, selanjutnya buatlah partisi terlebih dahulu di dalam memori eksternal anda dengan menggunakan aplikasi link2sd.
  • Setelah memori eksternal sudah dipartisi, selanjutnya buka kembali aplikasi link2sd untuk memilih mana saja aplikasi yang akan anda pindah ke memori eksternal.
  • Proses pemindahan aplikasi dari memori internal ke memori eksternal smartphone ini memang cukup lama. Namun demikian, anda tidak perlu memindahkan aplikasi satu per satu.

Jika diperhatikan secara sekilas, memang cara memindahkan aplikasi ke SD card menggunakan proses root ini jauh lebih praktis karena anda bisa memindahkan semua aplikasi sekaligus.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Kartu Memori yang Rusak Dengan Mudah

Namun demikian, anda juga harus berhati-hati karena proses root pada smartphone android juga berisiko menyebabkan smartphone android anda terjangkit virus.

Informasi Seputar Cyber:

  • aplikasi smartphone untuk pindahkan aplikasi

Leave a Replay

comments

Cara Mudah Memindahkan Aplikasi Android Ke Memori Eksternal SD Card | nofalanta | 4.5